TELEPON : 021 749-8780. MOBILE : 0812-1985-9687

Senin, 04 Januari 2010

Gn. Ciremai : Duka diawal tahun 2010

Lagi - lagi , dunia pecinta alam menerima berita pahit. Sebanyak lima pendaki di Gunung Ciremai, Jawa Barat, hilang sejak Kamis (31/12). Hingga kini proses pencarian masih terus dilakukan.


Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, lima pendaki tersebut masing-masing bernama Muha, 22 tahun, Kadnila, 22 tahun, Budiman, 23 tahun, Maskon, 18 tahun, serta Wahyu, 17 tahun. Mereka mendaki Gunung Ciremai sejak Kamis (31/12) dan bermaksud untuk melewatkan malam tahun baru di Gunung Ciremai.

Mereka berangkat melalui jalur pendakian Pajajar, Kecamatan Rajagaluh, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, yang sebenarnya bukan merupakan jalur pendakian ke Gunung Ciremai yang resmi.

Seharusnya mereka sudah turun dari Gunung Ciremai pada Jumat (1/1) atau paling lambat pada Jumat malam. "Namun hingga kini mereka tak kunjung turun," kata Suhana dari Pengelola Pendakian Gunung Ciremai (PPGC). Karena liar, hingga kini Badan Taman Nasional Gunung Ciremai (BTNGC) sebagai pengelola Gunung Ciremai pun belum menurunkan tim SAR. Pencarian hanya dilakukan PPGC.

Saat ditanyakan kondisi pendaki, menurut Suhana, berdasarkan pesan pendek yang dikirimkan Budiman kepada anggota keluarganya, mereka dalam kondisi yang memprihatinkan. "Mereka mengaku tersesat," kata Suhana.

Tidak hanya itu, mereka pun sudah kehabisan perbekalan. Bahkan ada di antara mereka yang saat ini kondisi sakit. "Tapi saya tidak tahu pasti yang sakit itu siapa," kata Suhana.

Mereka pun mengaku berada sekitar 1 kilometer dari puncak di bagian utara atau sekitar 3.078 meter di atas permukaan laut (dpl). Karenanya proses pencarian pun masih dilakukan di sekitar daerah itu. Namun karena cuaca di Gunung Ciremai yang tidak menentu, proses pencarian pun belum menemukan hasil.

Seorang anggota PPGC yang lain, Cucu Supriatna, mengungkapkan karena tidak berangkat dari jalur pendakian resmi, kemungkinan tersesat semakin tinggi. Ini dikarenakan di jalur tidak resmi tersebut tidak terdapat petunjuk arah. Cucu menjelaskan ada tiga jalur pendakian resmi ke Gunung Ciremai, yaitu jalur Linggarjati, Palutungan, dan Apuy.

Seperti diketahui, sejumlah pendaki seringkali tersesat saat mendaki Gunung Ciremai. Terakhir pada Mei 2009 lalu dimana pendaki asal Bekasi yang tersesat selama 5 hari. Namun mereka kemudian berhasil ditemukan dalam kondisi selamat.

Tetap semangat & tetap mendaki...dengan benar sesuai aturan!!

0 komentar:

Posting Komentar

Telepon : 021 749 - 8780. Mobile : 0812 - 1985 - 9687 outbound,penyelenggara outbound,outing,gathering,sarana petualang,arung jeram

Photobucket   

Saung GOA on Facebook
Berbagi di Facebook Bagikan