TELEPON : 021 749-8780. MOBILE : 0812-1985-9687

Minggu, 29 Agustus 2010

Gunung Sinabung meletus!!!

Gunung Sinabung yang terletak di Kabupaten Tanah Karo, Sumatera Utara, meletus Minggu, 29 Agustus 2010 sekitar pukul 00. 15 WIB. Kepala Desa Sukanalu, Kecamatan Naman, Paten Sitepu mengatakan bahwa api mulai keluar dari gunung Sinabung sekitar pukul 00.15 WIB.
Keseluruhan warga yang berada di sekitar kaki gunung Sinabung dilaporkan telah meng-evakuasi diri ke arah kota Kabanjahe. Selain membawa anggota keluarga, sebagian masyarakat juga berusaha membawa harta benda yang berharga mereka untuk diamankan.
Sebelumnya, masyarakat sekitar gunung Sinabung tidak menyangka jika gunung tersebut akan meletus. Karena berdasarkan informasi yang diberikan oleh petugas BMKG setempat bahwa gunung tersebut dalam kondisi aman, namun tiba - tiba meletus, ujar Paten Sitepu.
Ia juga menyebutkan, belum adanya petugas kepolisian atau aparat lainnya untuk membantu evakuasi warga.
Untuk kita ketahui, gunung Sinabung merupakan salah satu gunung yang termasuk dalam kategori gunung berapi type B. Yaitu gunung berapi yang memang sudah tidak aktif dalam jangka waktu yang sangat lama, gunung Sinabung sendiri sudah tidak aktif lagi selama ratusan tahun. Beberapa gunung lain yang termasuk kategori ini adalah gunung Merbabu di Jawa Tengah dan Gunung Sibayak di Sumatera Utara.
" ini seperti kertas putih yang kita tulis dalam sejarah, bahwa gunung Sinabung meletus kembali pada tanggal 29 Agustus 2010, setelah lebih dari 400 tahun tertidur " kata Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Surono.
Menurut Surono, gunung berapi type B adalah gunung api yang tidak mempunyai karakter meletus secara magnetik. Berdasarkan prioritas ancaman, gunung type B tidak dipantau, namun tetap dilakukan penyelidikan rutin dalam jangka waktu tertentu.Termasuk gunung Sinabung.
Semenjak meletus, pukul 00.15 WIB, PVMBG merubah kategori gunung Sinabung menjadi kategori gunung berapi type A dengan status " AWAS!! ", dan selanjutnya akan dilakukan pengamatan dan pengawasan selama 24 jam setiap harinya.



0 komentar:

Posting Komentar

Telepon : 021 749 - 8780. Mobile : 0812 - 1985 - 9687 outbound,penyelenggara outbound,outing,gathering,sarana petualang,arung jeram

Photobucket   

Saung GOA on Facebook
Berbagi di Facebook Bagikan