TELEPON : 021 749-8780. MOBILE : 0812-1985-9687

Kamis, 20 Agustus 2009

Tips : Kemah keluarga

Saat ini kegiatan alam bebas sudah menjadi hal yang umum dan biasa bagi sebagian kalangan orang yang hidup di kota – kota besar sperti Jakarta dan sekitarnya. Mulai dari kegiatan outbound yang diadakan oleh kantor atau cuma sekedar kemping bersama keluarga untuk mengisi liburan anak – anak.

Berikut ini kami berikan tips – tips untuk Anda bagaimana cara mempersiapkan segala sesuatunya apabila suatu hari nanti Anda berkeinginan untuk mengajak keluarga Anda menikmati kegiatan berlibur dialam bebas atau kemping

Pertama harus Anda lakukan adalah menentukan lokasi untuk kegiatan tersebut. Dalam menentukan lokasi Anda harus melihat perbandingan – perbandingan antara lokasi yang satu dengan lokasi lainnya, mulai dari jarak tempuhnya sampai dengan fasilitas yang ada disana. Jarak tempuh itu sendiri bukan hanya ditentukan oleh jarak semata, namun keadaan jalan yang menuju kelokasi juga menentukan berapa lama kita bisa sampai kesana.Contoh, lokasi perkemahan di Kawasan Wisata Cangkuang, Cidahu – Sukabumi. Jarak tempuh normal dari Jakarta kurang lebih 3 jam perjalanan. Namun karena sebagian jalan menuju kelokasi lumayan rusak, jarak tersebut harus ditempuh selama kurang lebih 4 – 5 jam perjalanan Biasanya, apabila kita memilih berkemah diareal pantai, jalan atau akses kelokasi cenderung lebih bagus disbanding areal perkemahan yang berada dipegunungan. Setelah itu kita harus tahu fasilitas apa saja yang terdapat disana, apakah ada MCK-nya? apakah sudah ada asuransinya?. Karena kita ingin berkemah besama keluarga, otomatis factor keamanan lokasi jadi rujukan paling penting.

Kedua, persiapkan bahan makanan yang cepat saji namun mempunyai nilai kalori tinggi. Karena biasanya dilokasi perkemahan, anak – anak akan lebih banyak bergerak dibanding ketika berada dirumah. Mereka membutuhkan makanan dan minuman sehat yang dapat segera mengganti ion tubuh mereka yang terbuang. Selama ini banyak orang, hanya memikirkan mudahnya saja, ketika kemping banyak membawa bekal bahan makanan berupa mie instant saja. Jangan lupa, anda juga harus menyiapkan alat masak dan lainnya. Alat masak bisa berupa kompor gas portable atau Trangia, berbahan bakar spirtus.

Ketiga, persiapkan pakaian ganti berikut jaket dan yang lainnya yang berbahan menyerap keringat dan mudah kering. Jumlah pakaian ganti yang Anda bawa harus diperhitungkan dengan jelas, karena akan mempengaruhi beban bawaan Anda.

Keempat, persiapkan obat – obatan ringan, khususnya obat luar. Seperti Betadine, minyak tawon dan semacamnya.

Kelima, persiapkan peralatan kemping yang memadai. Seperti sleeping bag, tenda, matrass dan lentera sebagai alat penerangan. Untuk kemping keluarga disarankan menggunakan tenda jenis Dome Tent. Selain mudah pemasangannya, tenda jenis ini juga sangat ringan dibawa. Agar lebih nyaman, siapkan Sleeping Bag untuk tiap anggota keluarga ditiap tenda. Untuk memudahkan pergerakan dimalam hari, sperti mengantar anak – anak kekamar kecil atau lainnya, Anda harus menyiapkan senter yang cukup besar dan terang.

Demikian tips dari kami, semoga bermanfaat. Selamat menikmati aktifitas sambil mengenalkan alam pada keluarga Anda.

0 komentar:

Posting Komentar

Telepon : 021 749 - 8780. Mobile : 0812 - 1985 - 9687 outbound,penyelenggara outbound,outing,gathering,sarana petualang,arung jeram

Photobucket   

Saung GOA on Facebook
Berbagi di Facebook Bagikan